Jum. Jan 27th, 2023
Spread the love
0Shares

Masyarakat Priangan Timur dan sekitarnya, berlega hati gembira dengan diresmikannya jalur lintasan kereta api Cikuray- Pasar Senen Jakarta.

Kegembiraan itu berbarengan dengan diperbolehkannya mudik lebaran tahun ini, setelah dua tahun dibatasi oleh virus corona atau Copid-19. Sehingga mereka yang merantau di Jakarta tidak usah sulit mempergunakan angkutan umum bus atau mobil umum lainnya, karena kereta api jauh lebih aman dan nyaman.

Begitu diresmikan beberapa hari lalu, langsung masyarakat ingin mencobanya walau pun hanya Cikuray Padalarang atau sampai Purwakarta dan pulangnya pergunakan angkutan umum lainnya. Ini banyak dilakukan oleh para orang tua yang sengaja membawa anak cucunya, mungkin mengingat masa lalu jalur lintasan ini terhenti karena berbagai hal.

Dengan dibuka Kembali jalur kereta api Jakarta-Garut memungkinkan arus mudik tahun ini akan berdampak dengan kepadatan arus lalulintas Jakarta Bandung Garut, apalagi tiket untuk naik kereta api hanya Rp 45.000.

Dari hasil pantauan penulis, KA Cikuray ini jauh berbeda dengan KA sebelumnya pada era orde baru, karena selain tidak diperkenankannya para pedagang asongan, juga masih terlihat tertib tidak sembarang penumpang bisa masuk dan berdiri tanpa tempat dududuk.

Ketertibannya pun terjaga baik, walau di statsion kecil berhenti tidak bisa sembarang penumpang naik, selain dibatasi untuk duduk nyaman juga para petugas terus mengawasi. Jangan harap bisa merokok di dalam gerbong, bisa diturunkan di statsion berikutnya.

Fujianto.

 

 

0Shares
sonni hadi

By sonni hadi

Pengelola Sonni Hadi wartawan majalah mahardika anggota PWI Jawa Barat No kta 10.00.5551.95. Independent tidak terkait dengan satu golongan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *