Jum. Jan 27th, 2023
Spread the love
0Shares
Diantara PMKS yang kena razia ada beberapa orang menolah hingga meronta menangis karena takut dibawa

Jakarta,- sedikitnya 16 orang PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) di Kawasan kebayoran, dan Kawasan Sudirman Jakarta, dijaring Razia Pol PP dan aparat lainnya seperti polisi POM, dan Departemen Sosial.(25/4)

Razia yang dilakukan oleh gabungan itu, sudah beberapa hari menyisir lokasi lokasi yang biasa dijadikan mangkal para Gepeng (Gelandangan dan Pengemis), namun tetap mereka yang mencari uang dengan minta minta dan bergerombol di pinggir jalan itu berdatangan terus.

Kebanyakan para PMKS itu datang dari jawa tengah Jawa Barat dengan menggunakan mobil sewaan, mereka berkelompok paling sedikit 8 sampai 12 orang. Bahkan mereka ada yang datang sengaja membawa anak anak, dan orang tua renta. Diduga keras dengan cara tersebut akan mengundang belas kasihan.

Selain berdatangan mempergunakan mobil sewaan , juga banyak mereka yang biasa membawa gerobak, kelompok ini dikenal dengan sebutan manusia gerobak, karena mereka tidurnya di gerobak yang disimpan di pinggir jalan.

Operasi PMKS ini dilakukan setelah banyaknya laporan dari masyarakat yang merasa terganggu, terutama mereka yang meminta minta di setiap persimpangan dengan mengetuk pintu kaca mobil. Demikian juga mereka yang tidur di gerobak dan biasanya diparkir di pinggir badan jalan, sehingga dengan banyaknya gerobak diparkir,  situasi arus lalulintas terganggu, kata petugas yang sedang menggiring para PMKS tersebut.

Semua PMKS yang terjading dibawa ke Kantor Depsos, kemudian akan dipulangkan ke tempat asal atau ditahan sementara setelah didata.

Para gepeng tersebut yang terjaring Razia, banyak yang pura pura berjualan atau bekerja, namun para petugas tidak terkecoh karena sebelumnya dilakukan penngintaian, sehingga sangat hafal mana yang benar benar pengemis dadakan dan mana yang bukan..

Tegar S Hadi

0Shares
sonni hadi

By sonni hadi

Pengelola Sonni Hadi wartawan majalah mahardika anggota PWI Jawa Barat No kta 10.00.5551.95. Independent tidak terkait dengan satu golongan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *