Sen. Nov 28th, 2022
Spread the love
0Shares

Beberapa anggota RAPI yang terlibat memberikan bantuan komunikasi dan menjadi pendistribusian makanan untuk para pengungsi di Posko BIN

Cugenang Cianjur. Berita Mahardika,- Sedikitnya 30 orang anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) langsung terjun ke tengah-tengah kesibukan dan kekalutan setelah tragedi gempa di kawasan Kec, Cugenang Cianjur.

Mereka dengan berbagai perangkat yang sudah tersedia, segera membantu komunikasi dan memang saat itu hanya pesawat dua arah atau HT (Handy Talky) yang mampu menembus berbagai cuaca. Karena HP di lokasi tidak mampu untuk berkomunikasi, dikarenakan listrik padam akibat runtuhnya beberapa tiang listrik serta signal HP praktis terganggu.

Hanya pesawat 2 meteran yang bisa menyampaikan berbagai informasi, di segala cuaca tanpa terhalang. Kehadiran puluhan anggota RAPI dari Wilayah Cianjur, Cimahi Bandung Barat, Kota Bandung, sangat membantu sehingga usai memberikan bantuan. Sebagian dipercaya untuk mengawasi distribusi berbagai bantuan untuk para pengungsi.

Posko yang menjadi tumpuan dan berkumpulnya anggota RAPI di Posko yang didirikan oleh BIN (Badan Intelejen Negara) tidak jauh dari lokasi tempat kejadian.

Menurut pengurus RAPI Wilayah Cianjur JZ 10 ND yang hadir di Posko beserta anggota lain mengatakan, para anggota sudah terbiasa dan memberikan pelayanan kepada para pengungsi yang membutuhkan. Baik informasi di TKP maupun di lapangan, demikian juga informasi bukan saja kepada mereka yang kena musibah tetapi melaporkan kepada aparat lainnya yang segera harus mendapat bantuan dan hal lain yang sifatnya mendesak.

Demikian juga JZ10XXX dari Wilayah Cimahi menyebutkan dirina beserta tim selain membantu komunikasi dilapangan juga membawa bantuan makanan serta keperluan lainna untuk para pengungsi.

Para anggota dibagi-bagi tugasnya dan setiap pos darurat siap siaga selama 24 jam penuh, melayani para pengungsi dan berkoordinasi dengan aparat di lapangan.

Sonni Hadi

0Shares
sonni hadi

By sonni hadi

Pengelola Sonni Hadi wartawan majalah mahardika anggota PWI Jawa Barat No kta 10.00.5551.95. Independent tidak terkait dengan satu golongan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *