Jum. Jan 27th, 2023
Spread the love
0Shares
Masyarakat Desa Jatibarang, Kec.Jatibarang, Kab.Indramaytu, Jabar, Rabu (23/11/2022) mengikuti doa bersama atau tahlil dalam rangkaian upacara adat Sedekah Bumi. Tampak panggung sandiwara Purbasari dari Kec.Losarang, Kab.Indramayu siap menghibur masyarakat. (Ist.)

INDRAMAYU, MajalahMahardika –Setelah sempat tertunda beberapa tahun karena pandemi Covid-19, Rabu (24/11/2022) Pemerintah Desa Jatibarang, Kec. Jatibarang, Kab. Indramayu, Jawa Barat, kembali menggelar upacara adat Sedekah Bumi dan Karnaval Budaya Jatibarang tahun 2022.

Kegiatan itu berlangsung sangat meriah karena memperoleh sambutan hangat masyarakat. Salah satu contohnya, saat digelar kegiatan karnaval, ribuan warga ramai-ramai menyaksikan acara itu.

Arak-arakan dimulai dari halaman Kantor Desa Jatibarang. Terus bergerak menelusuri jalan Mayor Dasuki. Masyarakat menyaksikan karnaval tersebut dari sisi kanan dan kiri jalan.

Beragam kesenian dan budaya ditampilkan para peserta karnaval yang merupakan perwakilan dari tujuh RW. Mereka mengarak hasil bumi, patung, tumpeng raksasa, musik tarling, singa depok, kuda ronggeng serta kreasi seni budaya lainnya.

Rangkaian kegiatan yang digelar pada upacara adat Sedekah Bumi dan Karnaval Budaya Jatibarang tahun 2022 itu meliputi kumpul tumpeng, baritan, tahlilan, tausiyah, pawai l adat, kesenian daerah, pagelaran seni budaya sandiwara Purbasari dari Kec. Losarang serta pengundian door prize.

Tampak hadir Kuwu atau Kepala Desa Jatibarang Agus Darmawan beserta Perangkat Desa. Ketua BPD Jatibarang Tomas, jajaran Forkopimcam Jatibarang seperti Camat Jatibarang Iim Nurahim, Kapolsek Jatibarang Kompol Ujang Rohimin, SH, Danramil Jatibarang Kapten Inv. Daniel Ronge, para ketua Poktan, sesepuh, ulama serta undangan lainnya.

Kuwu Jatibarang Agus Darmawan menyampaikan, acara adat ini dilaksanakan sebagai bentuk syukur masyarakat Desa Jatibarang atas nikmat yang diberikan Allah SWT berupa hasil pertanian dan nikmat sehat.

Ia berharap, masyarakat Desa Jatibarang memperoleh keberkahan sekaligus keselamatan sehingga terhindar dari mara bahaya.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat Desa Jatibarang. Juga para ketua RT/RW dan semua pihak yang sudah mendukung acara ini. Semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat Jatibarang dan bisa menjadi agenda tahunan,” katanya.

Sedekah Bumi merupakan upacara adat budaya yang dilaksanakan setahun sekali. Waktunya menandai dimulainya masa bercocok tanam padi oleh para petani.

Acara diawali kumpul tumpeng atau baritan diiringi do’a bersama masyarakat yang hadir. Selanjutnya doa bersama atau tahlilan dipimpin ustad Karmadi.

Masyarakat membawa makanan dan minuman serta hasil pertanian dari rumah untuk dikumpulkan dalam satu tempat.

Hal ini sebagai wujud syukur masyarakat kepada Allah SWT. Dilanjut ceramah keagamaan yang disampaikan ustadz Munawir, pengasuh Pondok Pesantren Darut Tahfidz Jatibarang.

Dalam tausiyahnya Ustad Munawir mengemukakan, Sedekah Bumi merupakan satu wujud syukur masyarakat kepada Allah SWT.

Asumsinya ujar ustad Munawir ketika orang bersyukur maka orang tersebut mendapat tambahan kenikmatan dari Allah SWT dengan mengucapkan Alhamdulillah dengan ikhlas di hati sehingga ketika berbuat sesuatu dalam bentuk kebaikan kita mendapat nikmat dari Allah SWT.

“Sedekah Bumi merupakan shodaqoh atas segala nikmat yang keluar dari bumi. Bumi ini dimiliki dan diciptakan oleh Allah SWT yang dihadirkan untuk manusia. Sebaik baiknya manusia adalah yang dapat mengelola aset Allah SWT dan dapat mengambil manfaatanya dengan baik,” katanya.

Salah satu tokoh masyarakat dan staf Desa Jatibarang, Jukri menyampaikanlega atas terselenggaranya acara adat budaya Sedekah Bumi dan Karnaval Budaya Desa Jatibarang tahun 2022 yang diselenggarakan Pemdes Jatibarang.

Wartawan : Asep AS

0Shares
sonni hadi

By sonni hadi

Pengelola Sonni Hadi wartawan majalah mahardika anggota PWI Jawa Barat No kta 10.00.5551.95. Independent tidak terkait dengan satu golongan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *